Thursday, May 1, 2008

Mengatur Keuangan

Seringkali saya bertemu dengan orang-orang yang mempunyai pendapatan minim namun, ingin menabung. Terkadang ada yang sudah berpenghasilan mendingan tetapi tetap susah menabung juga. Jadi bagaimana mengatur keuangan yang sebenarnya ?

Proporsi keuangan yang baik adalah sebagai berikut
10% Tabungan
10% Biaya tak terduga
20% Biaya tetap untuk keperluan bulanan seperti bayar kost, sabun, pasta gigi dsb
60% Biaya harian atau 15% biaya mingguan

Susahnya seringkali kita tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Sehingga apa yang seharusnya menjadi keiginan dianggap sebagai kebutuhan.

Saya pernah bertemu dengan seorang teman yang mengeluhkan bahwa kebutuhannya tidak tercukupi. Ketika ditanya lebih jauh apa yang dimaksud dengan kebutuhan, teman saya menjawab bahwa ia butuh “ minyak wangi, laptop” dan biaya tak teduganya adalah “biaya diundang ke pesta pernikahan”

Saya pikir sebenarnya minyak wangi itu bisa dibeli dari harga yang murah sampai harga yang maha dashyat mahalnya. Tetapi teman saya itu mengatakan bahwa ia ‘cocok’ dengan merek tertentu yang agak mahal bagi ukurannya. Lalu saya berkata “Ya memang cocok bagi kamu, tetapi tidak cocok bagi kantongmu”. Ini adalah contoh gaya hidup yang tidak sesuai dengan pendapatan.

Mengenai biaya undangan pernikahan, menurut pemikiran saya adalah bukan suatu kewajiban apa bila diundang ke suatu pesta pernikahan maka kita mematok sejumlah nilai uang untuk diberikan. Saya yakin bahwa pihak yang mengundang sebenarnya sudah siap “merugi” ketika memutuskan untuk mengadakan pesta. Jadi berilah sesuai dengan kemampuan. Kalau memang tidak ada dana, toh anda tidak akan diusir dari pesta tersebut bukan?

Setelah saya memberikan analisa tersebut, teman saya menyetujui pendapat saya. Dan ia pun berkata dengan sebal:” Saya sebal oleh omonganmu, tetapi saya juga sebal dengan diri saya sendiri karena omonganmu itu benar.”

Jadi untuk memiliki keuangan yang sehat, perlu keseimbangan dan disiplin dalam mengaturnya.

2 comments:

Unknown said...

Artikelnya mengesankan.

Ed'Gar Whilseon said...

Misi Gan, saya bertamu bukan bermaksut untuk Spam :) oia kalau ada yang Mau nonton video atau download lagu, bisa juga lewat hp untuk hp,.. atau susah download youtube?.. bisa juga download youtube melalui www.ascmusik.com ;)